Isu hidupnya lembaga bredel dalam
legislasi pers nasional kembali menghantui insan pers Indonesia. Beberapa
kalangan mengaku telah menerima draft perubahan UU Pers yang di dalamnya
konon antara lain memuat pengaturan mengenai bredel. Ketakutan akan kembalinya
rezim otoriter yang menaburkan kritik dan membudayakan sensor, pembungkaman,
serta pembutatulian warga kembali menyeruak. Tidak heran wacana yang hendak
dimunculkannya kembali dibredel dalam pembaruan hukum pers yang sebenarnya
masih dalam tataran isu menimbulkan gelombang penolakan.
Boleh dikata tidak ada satu pun
insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi di negeri ini yang mau
lembaga bredel dihidupkan kembali. Eksisnya lembaga bredel dikhawatirkan
memberi peluang bagi kekuasaan untuk secara diskredit menghentikan operasi
lembaga pers jika dianggap merongrong kewibawaan pemerintah. Pertanyaan
mendasar yang layak dikemukakan adalah sejauh mana kekhawatiran akan kembalinya
lembaga bredel harus diterima khususnya di era keterbukaan ini? Yang jelas, isu
munculnya bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena akan menghambat
kreativitas insan pers.
- Mengapa Pemerintah membuat Undang-undang Pers yang mengatur pembredelan?
- Bagaimana sikap insan pers terhadap rencana munculnya kembali lembaga bredel?
- Sejak kapan pembaharuan hukum pers yang meresahkan insan pers itu terjadi di Indonesia?
- Siapa sajakah yang diuntungkan secara konseptual dan finansial di era kebebasan pers?
- Pada media apa lembaga bredel berwenang mencabut hak untuk terbit dan siaran?
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam paragraf pertama terdapat keterangan mengenai
bagaimana sikap insan pers yang menolak terhadap rencana munculnya kembali
lembaga bredel walaupun masih dalam tataran isu. Kalimat tanya yang sesuai
dengan isi paragraf pertama adalah :
Bagaimana sikap insan pers terhadap rencana munculnya
kembali lembaga bredel?
2. Mengapa insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi
menolak lembaga bredel dihidupkan kembali?
Jawaban yang tepat adalah karena ....
- dengan hidupnya lembaga bredel dalam legislasi pers nasional akan menghantui insan pers
- insan pers dan pegiat merasa takut akan kembalinya rezim otoriter yang membudayakan sensor
- lembaga bredel dikhawatirkan akan memasung kreativitas lembaga pers dan pegiat dalam pemberitaan
- lembaga bredel dikhawatirkan memberi peluang lebar bagi kekuasaan untuk menghentikan operasi lembaga pers
- lembaga bredel akan menyensor berita-berita yang dimunculkan di media massa dengan ketat
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikan paragraf kedua pada wacana tersebut diungkapkan
alasan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi menolak lembaga bredel
dihidupkan kembali karena dikhawatirkan akan memasung kreativitas lembaga pers
dan pegiat dalam pemberitaan.
3.
Pernyataan yang sesuai dengan
paragraf kedua adalah ....
A. Wacana menghidupkan kembali lembaga bredel ditentang insan
pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi.
B. Eksistensi
lembaga bredel di Indonesia menyebabkan pemerintah sering menindak tegas insan
pers.
C. Di era keterbukaan ini lembaga pers mempunyai peranan serta tanggung
jawab yang besar kepada masyarakat.
D. Insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi merasa dirugikan
karena menjadi kambing hitam lembaga bredel.
E. Lembaga
bredel bertugas menghentikan penertiban dan penyiaran yang dikategorikan
merongrong pemerintah.
Kunci : A
Penyelesaian :
Pada paragraf kedua diungkapkan bahwa wacana dihidupkannya
kembali lembaga bredel ditentang insan pers dan pegiat hak atas kebebasan
informasi.
4.
Simpulan isi teks tersebut adalah
...
- Lembaga pers dan lembaga bredel seharusnya bekerja sama demi kemajuan, bangsa.
- Pemerintah memandang perlu adanya lembaga bredel untuk meredam pers yang kebablasan.
- Kehidupan pers di era keterbukaan ini lebih baik bebas dan rasa takut dan khawatir.
- Rasa saling curiga antara pemerintah dan insan pers berdampak negatif pada arus informasi.
- Isu munculnya lembaga bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena menghambat eksistensi insan pers.
Kunci : E
Penyelesaian :
Kesimpulan yang dapat diambil dari wacana tersebut adalah
isu munculnya lembaga bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena
menghambat eksistensi insan pers.
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas baru
keluar dari halaman belakang rumah salah seorang penduduk, warga Desa Mindi,
Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan ke-59
yang muncul di sekitar pusat semburan utama.
Menurut seorang ahli dan Leader
Team Fergaco, perusahaan yang mengawasi gas-gas berbahaya di sekitar pusat
semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar
itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau dibiarkan semburan itu
akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100
kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.
5. Ide
pokok paragraf kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
- Pengawasan gas oleh tim ahli.
- Pendapat tentang semburan liar.
- Munculnya semburan liar.
- Mengecilnya semburan liar.
- Penutupan lubang semburan.
Kunci : C
Penyelesaian :
Ide pokok atau gagasan utama paragraf kedua dari wacana
tersebut adalah munculnya semburan liar.
6.
Fakta dalam teks tersebut yang tepat
adalah ...
- Semburan lumpur baru merupakan semburan ke-59.
- Semburan liar itu tidak berbahaya seperti semburan yang lainnya.
- Semburan liar itu sama dengan semburan sebelumnya.
- Semburan liar itu akan mengecil dengan sendirinya.
- Untuk menutup semua semburan liar itu, diperlukan 100 kilogram semen.
Kunci : A
Penyelesaian :
Fakta adalah hal (keadaan/peristiwa) yang merupakan
kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Dari wacana tersebut yang
merupakan fakta adalah semburan lumpur baru merupakan semburan ke-59.
7.
Opini dalam teks tersebut adalah
....
- Semburan liar itu terjadi di halaman rumah seorang warga.
- Semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.
- Semburan itu merupakan semburan yang ke-59.
- Rumah warga yang terkena semburan terletak di Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.
- Hari ini ke dalam lubang asal semburan dimasukkan 100 kilogram semen.
Kunci : B
Penyelesaian :
Pendapat atau opini adalah pernyataan yang mengemukakan
suatu argumen atau tanggapan mengenai suatu hal. Kalimat yang dikategorikan
opini dari wacana tersebut adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan
mengecil dengan sendirinya.
8.
Simpulan yang tepat untuk paragraf
kedua adalah ....
- Semburan lumpur, air, dan gas baru yang keluar di Desa Mindi berbahaya.
- Semburan yang keluar di Desa Mindi merupakan semburan liar yang ke-59.
- Warga Desa Mindi menemukan semburan lumpur liar di belakang rumah seorang warga.
- Semburan liar yang ke-59 tersebut tidak berbahaya dan akan mengecil sendiri.
- Untuk menutup semburan liar yang baru di Desa Mindi diperlukan 100 kilogram semen.
Kunci : D
Penyelesaian :
Simpulan yang tepat dari paragraf kedua wacana tersebut
adalah semburan liar yang ke-59 tersebut tidak berbahaya dan akan mengecil
sendiri.
(1) Objek wisata Pangandaran
menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati
keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menggunakan
transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai
Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 1.000,00
saja per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar pantai dan menikmati
keindahaan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai
Pangandaran.
9.
Kalimat utama paragraf tersebut
terdapat pada nomor ...
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : A
Penyelesaian :
Kalimat utama paragraf di atas adalah Objek wisata
Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan
menikmati keindahan pantai. Sedangkan kalimat lain merupakan kalimat penjelas.
10. Makna kata domestik dalam paragraf tersebut adalah
...
- asli Indonesia
- pribumi
- dalam negeri
- luar negeri
- kenegaraan
Kunci : C
Penyelesaian :
Kata domestik memiliki persamaan arti dengan kata dalam
negeri. Kata penghubung maupun dalam kalimat tersebut menyatakan
hubungan pertentangan antara kata sebelumnya yaitu kata domestik. Jadi,
kata yang mempunyai arti berlawanan dengan kata luar negeri adalah dalam
negeri.
11. Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam
paragraf tersebut adalah nomor ....
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : E
Penyelesaian :
Gagasan utama pada wacana di atas adalah transportasi
rekreasi. Kalimat nomor (1), (2), (3), dan (4) membahas tentang transportasi
rekreasi sedangkan kalimat pada nomor (5) membahas tentang para pedagang yang
ikut meramaikan situasi Pangandaran.
(1) Badan kependudukan PBB atau
United Nations Population Fund (UNPF, dulu UNFPA), Rabu 27 Juni 2007,
menerbitkan laporan tentang kependudukan dunia. (2) Laporan tersebut
menyebutkan lebih dari setengah penduduk dunia atau 3,3 miliar akan tinggal di
kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3) Jumlah ini diperkirakan akan meningkat
menjadi lima miliar pada tahun 2030. (4) Penghuni baru perkotaan ini adalah
keluarga berpenghasilan rendah. (5) Kalau saja tidak dilakukan langkah
responsif, banyak kota yang tidak akan mampu menampung pertumbuhan cepat
tersebut. (6) Penyebabnya bukan migrasi, tetapi pertumbuhan alami dengan jumlah
kelahiran lebih banyak daripada jumlah kematian.
12. Kalimat yang merupakan opini penulisan terdapat pada nomor
...
- (1) dan (2)
- (2) dan (3)
- (3) dan (4)
- (4) dan (5)
- (5) dan (6)
Kunci : B
Penyelesaian :
(2) Laporan tersebut menyebutkan lebih dan setengah penduduk
dunia atau 3,3 miliar akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3)
Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030.
Kedua kalimat tersebut merupakan opini atau pendapat bukan merupakan fakta
karena masih dalam wacana perkiraan.
13.
Setelah
tujuh hari tujuh malam berlayar, maka laksamana berkata pada mualim,"Berapa
hari lagi kita bertemu dengan tanah benua Keling?"
Makna kata mualim, "Hai panglima kami, sehari semalam lagi berlayar, maka kita bertemu dengan sebuah pulau. Tiga hari tiga malam lagi, maka sampailah kejajahan benua Keling. Dari pada jajahan itu tujuh malam, maka sampailah kekuala benua Keling."Maka Laksamana pun berdiam dirilah. Maka antara sehari semalam, maka kelihatanlah suatu rupa, seperti gajah kelihatan dari jauh. Maka Laksamanapun bertanya,"Hai mualim,pulau apa namanya itu?" Maka kata mualim itu, "Hai panglima kami, itulah pulau yang bernama Biram Dewaitu.Adapun di pulau itu tiada pernah orang singgah."
Makna kata mualim, "Hai panglima kami, sehari semalam lagi berlayar, maka kita bertemu dengan sebuah pulau. Tiga hari tiga malam lagi, maka sampailah kejajahan benua Keling. Dari pada jajahan itu tujuh malam, maka sampailah kekuala benua Keling."Maka Laksamana pun berdiam dirilah. Maka antara sehari semalam, maka kelihatanlah suatu rupa, seperti gajah kelihatan dari jauh. Maka Laksamanapun bertanya,"Hai mualim,pulau apa namanya itu?" Maka kata mualim itu, "Hai panglima kami, itulah pulau yang bernama Biram Dewaitu.Adapun di pulau itu tiada pernah orang singgah."
Penyedar
Sastera Nilai kepahlawanan dalam penggalan hikayat di atas adalah....
A. Seorang laksamana
yang gagah perkasa dan suka mengarungi lautan untuk mencari nafkah.
B. Seorang laksamana yang
tangkas yang tidak takut berlayar untuk kepentingan negaranya.
C. Seorang laksamana
yang sabar berlayar dari pulau ke pulau untuk kepentingan dirinya.
D. Seorang laksamana
yang sanggup berlayar dari hari ke hari untuk mencari pulau yang terasing.
E.
Seorang
laksamana yang berani berlayar untuk mencari nafkah keluarganya.
Kunci:D
Penyelesaian:
Hikayat diatas menceritakan: Seorang laksamana yang sanggup berlayar
Penyelesaian:
Hikayat diatas menceritakan: Seorang laksamana yang sanggup berlayar
dari hari kehari untuk mencari pulau yang
terasing.
14.
Film
dari kaset video memiliki beberapa persamaan dibandingkan denganfilmlayarlebar.Bedanya,
biaya yang harus dikeluarkan untuk film darikasetvideolebihmurah.Jikaadabeberapa
orang yang ingin menonton filmkasetvideo,merekadapatberpatunganuntukmenyewa
film yang mereka inginkan.Ini tentu lebih murah dibandingkan denganmenonton
filmdigedungbioskop.
filmdigedungbioskop.
Pengembangan paragraf di atas menggunakan pola...
A.
Perbandingan
B. Pertentangan
C. sebab-akibat
D. paralelisme
E.
campuran
Kunci:A
Penyelesaian:
Kalimat pertama paragraf itu berbicara tentang persamaan film dari kaset video dengan film layar lebar. Pada kalimat berikutnya berbicara tentang perbedaan menonton dari film kaset video dengan film dari bioskop. Itu berarti pola pengembangan paragraf perbandingan.
Penyelesaian:
Kalimat pertama paragraf itu berbicara tentang persamaan film dari kaset video dengan film layar lebar. Pada kalimat berikutnya berbicara tentang perbedaan menonton dari film kaset video dengan film dari bioskop. Itu berarti pola pengembangan paragraf perbandingan.
Melihat tingkah kedua remaja itu,
ditambah dengan ajakannya yang menggoda, serta musik pengiringnya yang
merangsang, penumpang-penumpang yang banyak itu pun tergelitik ikut menari.
Semua mereka sekarang menari. Anak gadis yang duduk di sebelahku mungkin
tergoda pula untuk menari. Dia menoleh kepadaku dan berkata," Mari kita
ikut menari, Pak."
"Taklah. Badan Bapak masih
terasa sakit. Kau sajalah yang menari."
"Tapi tak ada pasangan yang
tersisa untukku. Ayolah! Temani saya. Tak apalah sakit-sakit sedikit. Apa kata
anak muda itu? Lupakan sejenak segala duka! Ayo. Mari sejenak kita ikut
berlupa-lupa."
"Bapak tidak pantas menari
bersamamu. Malu dilihat orang. Apa kata mereka nanti? Si tua yang tak tahu
dituanya!"
"Semua orang sekarang ini
sedang gila menari! Tak pantas kalau tak ikut menari di tengah orang yang
sedang menari. Ayolah, Pak. Ayolah. Malu bukan lagi milik orang sekarang ini.
Ayolah. Lupakan sejenak segala duka! Mari bergembira." Ditariknya
tanganku.
"Saya ingin sekali menari di
atas kereta rel listrik yang sedang berjalan. Bagaimana rasanya melenggok di
atas lantai yang bergoyang. Tak pernah saya temukan suasana gila seperti ini,
seumur-umur. Ayolah, Pak. Mumpung ada orang yang mengambil inisiatif."
Di Atas Kereta Rel Listrik, Hamsad Rangkuti
15. Masalah yang diungkapkan dalam kutipan cerpen tersebut
adalah ....
- ajakan seorang gadis kepada tokoh "aku" untuk ikut menari
- keinginan tokoh "aku" terhadap ajakan gadis untuk menari
- suasana gila di atas kereta rel listrik yang sedang berjalan
- seorang gadis yang ingin ikut menari di atas kereta rel listrik
- kesadaran tokoh "aku" untuk menari mengikuti ajakan seorang gadis
Kunci : A
Penyelesaian :
Kutipan cerpen di atas mengungkapkan masalah tentang ajakan
seorang gadis kepada tokoh "aku" untuk ikut menari.
16. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah
....
- Rasa malu hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat itu.
- Anak-anak muda sebaiknya tidak mengikuti perkembangan budaya asing.
- Orang harus mempertimbangkan sesuatu sebelum melakukan perbuatan.
- Sebaiknya orang harus pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan saat itu.
- Anak-anak muda sebaiknya jangan mudah tergoda oleh budaya dalam negeri.
Kunci : C
Penyelesaian :
Amanat adalah pesan yang ingin
disampaikan oleh pengarang melalui karangan. Amanat yang terdapat dalam kutipan
cerpen tersebut adalah orang harus mempertimbangkan sesuatu sebelum melakukan
perbuatan yang diwakilkan oleh tokoh "aku" dengan bersikap teguh hati
dan tetap tidak mau ikut menari karena berbagai alas an dan pertimbangan.
Syahdan akan Permaisuri Kuripan pun
ingin rasanya ia hendak berputra laki-laki yang baik parasnya. Maka kata
permaisuri: "Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini peroleh anak."
Maka kata Nata: "Sungguh seperti kata Tuan; Kakanda pun demikianlah juga
bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan pun Yayi, akan jadi ganti pun
Kakang di dalam dunia ini, kalau-kalau kita kedua dikehendaki oleh Shangyang
Sukma kembali ke kayangan kita." Maka kata Permaisuri: "Kakang Aji,
marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa memohonkan kalau-kalau dianugerahkan
oleh Dewa mulia raya akan kita akan anak ini."
17. Watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah ....
- takut pada suami
- keras hati
- taat beribadah
- suka berkhayal
- tinggi hati
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikanlah kalimat terakhir, "Maka kata
Permaisuri : "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa
memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya kita akan anak
ini." Jadi watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah taat
beribadah.
18. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ....
- Janganlah memuja dewa-dewa.
- Bersabarlah dalam menghadapi musibah.
- Bersikaplah saling menghormati antara suami-isteri.
- Hindarilah perbuatan yang tidak terpuji.
- Berdoa dan berusahalah jika menginginkan sesuatu.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dalam kutipan cerita tersebut diceritakan bahwa belum
dianugerahinya putera antara pasangan sang raja dan permaisuri walaupun
demikian mereka tetap memohon doa kepada Shangyang Sukma berulang kali agar
segera dikaruniai putera. Jadi, amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut
adalah berdoa dan berusahalah jika menginginkan sesuatu.
(1) Sepeninggal kedua orang tuanya,
anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke
arah riak air. (2) Benar saja seperti yang dikatakan oleh orang tuanya. (3)
Pada suatu hari yang panas, hujan turun rintik-rintik dan ada pelangi. (4)
Terlihat air di sungai berubah menjadi putih seperti air susu. (5) Itulah tanda
bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam perkelahian maut dengan naga putih.
(6) Namun, anak itu tak dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena
itu, ia tetap duduk termenung sampai akhir hayatnya.
(Legenda Lok Si Naga: Cerita
Rakyat dari Kalimantan, oleh JamesDanandjaja)
19. Nilai moral yang terkandung dalam
kutipan karya sastra di atas adalah ...
- Seorang anak yang merasa bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya.
- Seorang anak yang sering duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah air sungai.
- Seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
- Seorang anak yang selalu patuh dan menurut nasihat orang tua.
- Seorang anak yang senang melihat air sungai berwarna putih seperti susu.
Kunci : C
Penyelesaian :
Kutipan cerita di atas menceritakan bagaimana kesetiaan
seorang anak kepada kedua orang tuanya dalam keadaan panas ataupun hujan bahkan
sampai akhir hayatnya untuk menunggui berubahnya air sungai menjadi putih
seperti air susu yang sebagai pertanda bahwa kedua orang tuanya telah menang
dalam perkelahian dengan naga putih seperti yang pernah diceritakannya. Jadi,
nilai moral yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah seorang
anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
20. Bukti latar tempat digambarkan pada kalimat nomor ....
- (1) dan (2)
- (1) dan (4)
- (2) dan (5)
- (3) dan (6)
- (4) dan (7)
Kunci : A
Penyelesaian :
Bukti latar tempat digambarkannya kejadian peristiwa cerita
tersebut pada kalimat nomor :
(1) Sepeninggal
kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai
sambil memandang ke arah riak air.
(2) Terlihat
air di sungai berubah menjadi putih seperti air susu.
"Bangsat, siapa kau," Haji
Basuni membentak dan ketika menajami mukaku dengan geramnya ia hendak mencengkeram
aku. Setengah takut aku undur dan menjawab:
"Aku Leman Umi dan
Latifah." Dan tiba-tiba benciku timbul terhadap haji itu.
"Tapi, aku larang kau dekati
mereka, mengerti anak lapar?"
Betapa tersinggungku mendengar
kata-kata terakhir haji itu. Tapi, aku tak berani dan tak bisa berbuat apa-apa
selain kecut dan mendongkol.
Sesudah haji itu meninggalkan aku
dan baru saja aku melangkah, dari rumah Umi terdengar suara gaduh diiringi
tangis perempuan, dan itu suara Umi. Ia melolong-lolong dalam sela bentak dan rotan,
mungkin bersama kakaknya.
21. Watak tokoh Haji Basuni dalam cerpen tersebut adalah ....
- keji, tetapi sangat sayang pada anaknya
- berwibawa dan tegas dalam bersikap
- kejam dan kasar dalam berucap
- bijaksana, tetapi keras dalam bertindak
- kejam dan sangat disiplin
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikanlah kalimat pertama dan kelima dari penggalan
cerpen di atas, "Bangsat, siapa kau," Haji Basuni membentak dan
ketika menajami mukaku dengan geramnya ia hendak mencengkeram aku."
"Tapi, aku larang kau dekati mereka, mengerti anak lapar?" memperlihatkan
watak tokoh Haji Basuni yang kasar dalam berucap. Pada kalimat terakhir, "Ia
melolong-lolong dalam sela bentak dan rotan, mungkin bersama kakaknya." memperlihatkan
watak tokoh Haji Basuni yang kejam dalam tindakannya. Jadi watak tokoh Haji
Basuni dalam cerpen tersebut adalah kejam dan kasar dalam berucap.
22. Pendeskripsian watak dalam penggalan cerpen di atas
dilakukan dengan cara ....
- tanggapan tokoh lain dan dialog antartokoh
- tanggapan tokoh lain dan lingkungan tokoh
- dialog antartokoh dan pikiran-pikiran tokoh
- deskripsi ciri fisik dan tanggapan tokoh lain
- deskripsi gerak-gerik dan lingkungan tokoh
Kunci : C
Penyelesaian :
Penggambaran watak dalam penggalan cerpen tersebut dilakukan
dengan cara dialog antartokoh dan pikiran-pikiran tokoh.
Menurut Ibu yang didengarnya dari
Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter
itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu
sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu
mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis
23. Konflik dalam kutipan tersebut adalah ....
- Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
- Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
- Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter.
- Rasa tertekan perasaan istri-istri kuli kontrak terhadap suami mereka.
- Opzichter merasa terhina istri kuli-kuli kontrak menolaknya.
Kunci : C
Penyelesaian :
Konflik dalam sebuah
berita ada dua jenis, yaitu :
- Konflik lahir yaitu pertentangan seorang dengan tokoh lain, bisa dalam bentuk pertengkaran, perkelahian atau perdebatan.
- Konflik batin yaitu pertentangan antara perasaan, pikiran seseorang yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang bertentangan dengan kenyataan.
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah rasa marah
(gelap mata) kuli-kuli kontrak
terhadap Opzichter.
24. Penyebab konflik pada diri kuli kontrak adalah ....
- Kuli-kuli kontrak memaki-maki Opzichter yang mengganggu istri mereka.
- Istri kuli-kuli kontrak mengadukan Opzichter kepada suami mereka.
- Opzichter tidak dapat lagi menahan marahnya terhadap istri kuli kontrak.
- Istri kuli kontrak merasa dihina oleh perlakuan Opzichter.
- Opzichter selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.
Kunci : C
Penyelesaian :
Penyebab konflik pada diri kuli
kontrak adalah Opzichter selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.
25. Peristiwa akibat konflik tersebut adalah ...
- Opzichter menyerang kuli-kuli kontrak yang melawan.
- Kuli kontrak memutuskan untuk menyerang Opzichter.
- Opzichter mengutuk kuli-kuli kontrak mengekang istrinya.
- Istri kuli kontrak mengadukan perbuatan Opzichter kepada mereka.
- Kuli kontrak melindungi istri-istri mereka dan bahaya.
Kunci : B
Penyelesaian :
Peristiwa/kejadian akibat konflik pada diri kuli yang marah
akibat istri-istrinya selalu diganggu oleh Opzichter adalah kuli kontrak
memutuskan untuk menyerang Opzichter.
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta
...
A. Hasymi
26. Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut
mempunyai makna lambang ...
- waktu sore hari
- kehidupan manusia
- suasana senja
- masa tua
- perasaan manusia
Kunci : D
Penyelesaian :
Majas metafora adalah perbandingan antara dua hal yang
dianggap memiliki persamaan sifat. Kata petang pada larik ketiga puisi
tersebut mempunyai makna lambang masa tua.
27. Maksud bait kedua puisi tersebut adalah ...
- seseorang yang lengah di pagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
- seseorang yang menderita hidupnya karena tidak mempunyai ilmu dan harta
- seseorang yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
- seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidup menderita di hari tua
- seseorang yang melalaikan waktu di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta
Kunci : D
Penyelesaian :
Maksud yang dapat dipetik dari bait kedua puisi tersebut
adalah seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu
sehingga hidup menderita di hari tua.
28. Premis umum : Pada hari raya Idul Fitri jalur pantura macet.
Premis khusus : ...
Kesimpulan : Hari ini jalur pantura macet.
Premis khusus yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut
adalah ....
- Hari ini hari raya.
- Hari ini hari Minggu.
- Hari ini banyak orang berlibur.
- Hari ini sebagian jalur pantura macet.
- Hari ini hari raya Idul Fitri.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dari silogisme tersebut diuraikan menjadi :
(Pada) hari raya Idul Fitri = A
Jalan pantura macet = B
Hari ini = C
Rumus silogisme :
Premis Umum (PU) : A = B
Premis Khusus (PK) : C = A
Kesimpulan (K) : C = B
Jadi Premis Khusus yang tepat adalah C = A yaitu Hari ini
hari raya Idul Fitri.
29. Manusia yang memiliki ilmu yang luas akan merasa dirinya
tidak memiliki apa-apa. Dia merasa dirinya banyak kekurangan, banyak orang yang
lebih pintar daripada dirinya. Ia pun merasa kecil. Bila berjalan dia akan
merunduk. Sama halnya dengan setangkai padi. Padi itu bila bulirnya makin
berisi, makin berat sehingga tangkainya tidak kuat menahan, dan akhirnya batang
tangkai menjadi merunduk. ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf
tersebut adalah ....
- Begitulah bila padi itu berisi, bulirnya semakin berat dan tidak akan kuat tangkainya menahan.
- Contohlah ilmu padi bila Anda tidak dikatakan seorang sombong dan tidak memiliki ilmu.
- Ilmu itu akan berguna bila diamalkan seperti halnya bulir padi yang berbuah bernas (padat).
- Jadi, orang yang berilmu luas sama halnya dengan tangkai padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin merunduk.
- Demikianlah kesamaan padi dan diri seseorang yang tidak memiliki rasa sombong dan tinggi hati.
Kunci : D
Penyelesaian :
Simpulan yang dapat ditarik dari wacana tersebut adalah jika
seseorang yang berilmu luas layaknya seperti tangkai padi yang berbulir bernas
(padat) akan semakin merunduk.
30. Saya melihat orang-orang asyik membaca koran di halte bus.
Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiun kereta api. Saat saya
jalan-jalan di taman-taman hal yang sama juga saya lihat, orang duduk bersantai
sambil membaca koran. Bahkan, ketika saya keluar ruangan dan sampai di trotoar,
saya melihat berderet anak sekolah, kawula muda, dan orang dewasa semua sedang
membaca ....
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ...
A.
Di berbagai tempat semua orang mulai
membutuhkan koran.
B.
Kapan pun waktunya semua orang
membutuhkan koran.
C.
Akhir-akhir ini semua orang
menginginkan membaca.
D.
Demi tuntutan zaman semua orang
menginginkan kemajuan dalam membaca.
E.
Jadi, banyak orang yang memanfaatkan
waktu untuk membaca.
Kunci : E
Penyelesaian :
Simpulan dari wacana tersebut adalah banyak orang yang
memanfaatkan waktu untuk membaca. Seperti kegiatan membaca koran dilakukan di
halte bus, di peron stasiun kereta api artinya mereka memanfaatkan waktu
menunggu untuk membaca. Demikian pula waktu santai di taman dan juga waktu
berjalan di trotoar mereka manfaatkan pula untuk membaca.
31. Pada masa lalu
bila seseorang mau menabung atau mengambil uang di bank, harus dating langsung
ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratan. Demikian juga ketika
seorang nasabah mau mentransfer dana ke rekening lain, harus datang ke bank
tersebut dengan memenuhi segala persyaratan. Segala sesuatu harus diselesaikan
di bank tempat nasabah tersebut menyimpan uang. Sekarang, para nasabah semakin
dimanjakan dengan ditawarkannya berbagai pelayanan baru dalam perbankan. Bila
nasabah akan mengadakan transaksi mulai dari menabung, mengambil uang, mengecek
saldo akhir, transfer antarrekening, membayar telepon, listrik, dan lain-lain
dapat melakukan dari jarak jauh dengan cara menelepon. Telebanking harus
dimiliki setiap orang untuk bertransaksi.
Simpulan pada akhir paragraf salah, perbaikannya adalah ....
A.
Telebanking merupakan inovasi baru
untuk mempermudah para nasabah melakukan berbagai kegiatan transaksi perbankan.
B.
Telebanking memanjakan nasabah asal
memenuhi persyaratan perbankan.
C.
Sebelum ada telebanking nasabah
harus datang ke bank untuk melakukan berbagai transaksi.
D.
Telebanking bersifat multifungsi
selain untuk transaksi perbankan dapat juga digunakan untuk transaksi
pembayaran rekening telepon, listrik, dan lain-lain.
E.
Telebanking adalah transaksi perbankan yang dilakukan dan
jarak jauh melalui telepon.
Kunci : A
Penyelesaian :
Simpulan bahwa telebanking harus dimiliki setiap orang untuk
bertransaksi. Simpulan yang benar adalah telebanking merupakan produk inovasi
baru yang memudahkan para nasabah dalam melakukan berbagai kegiatan transaksi
perbankan.
32. Udara berkabut. Dingin menusuk kulit, sunyi, dan sepi
sekali. Pepohonan pun terlihat tidak bergerak. Terdengar sayup-sayup dari radio
nyanyian Mozart Night mengalun lambat beriba-iba .....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
...
A.
Pelan-pelan air mata meluncur
membasahi pipinya.
B.
Udara membawa kristal, menebar di
sepanjang halaman.
C.
Lantas ia menarik gorden, memandang
keluar jendela.
D.
Salju menaburi jalanan asrama
mahasiswa yang tegak di tengah kota.
E.
Ia tersenyum ketika mengingat
saat-saat indah.
Kunci : D
Penyelesaian :
Paragraf ini termasuk paragraf deskripsi karena adanya
penggambaran suatu keadaan. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut agar menjadi paragraf yang baik adalah salju menaburi jalanan asrama
mahasiswa yang tegak di tengah kota.
33. Warung internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif
tempat tinggal baru. Dengan ........ harga sewa yang jauh lebih murah daripada
hotel, sejumlah warnet dilengkapi dengan kursi nyaman yang bisa direbahkan
sandarannya untuk tidur. Selain itu, tersedia pula mircrowave dan shower.
Selain mirip tempat tinggal, warnet tersebut juga ........ ratusan buku komik.
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang
dalam paragraf tersebut adalah...
- tawaran, penyajian
- ditawarkan, disajikan
- penawaran, tersaji
- menawarkan, menyajikan
- menawarkan, sajikan
Kunci : D
Penyelesaian :
Warung internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif
tempat tinggal baru. Dengan menawarkan harga sewa yang jauh lebih murah
daripada hotel, sejumlah warnet dilengkapi dengan kursi nyaman yang bisa direbahkan
sandarannya untuk tidur. Selain itu, tersedia pula mircrowave dan shower.
Selain mirip tempat tinggal, warnet tersebut juga menyajikan ratusan
buku komik. Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam
paragraf tersebut adalah menawarkan dan menyajikan.
34. Tujuan pelatihan kecerdasan emosional ini ........ orang tua
sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka
........ menyelaraskan diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
Kata penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ....
- demi, bagi
- bila, agar
- agar, untuk
- kalau, demi
- bahwa,yanG
Kunci : C
Penyelesaian :
Dari klausa yang terdapat pada kalimat tersebut menunjukkan
hubungan yang menyatakan tujuan sehingga kata penghubung yang tepat adalah agar
dan untuk. Tujuan pelatihan kecerdasan emosional ini agar orang
tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka untuk
menyelaraskan diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
35. Hasil percobaan masyarakat desa dalam membudidayakan lele
dumbo.
Penulisan judul karangan tersebut yang sesuai dengan EYD
adalah ........
- Hasil Percobaan Masyarakat desa dalam Membudidayakan lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa Dalam Membudidayakan Lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam penulisan judul karangan yang sesuai EYD berlaku
ketentuan bahwa semua awal kata ditulis dengan huruf kapital kecuali kata
penghubung dan kata depan. Jadi penulisan judul yang tepat adalah : Hasil
Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
36. Dalam film ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang
menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng alias cuma sok
tahu.
Perbaikan yang tepat terhadap struktur yang salah pada
kalimat tersebut adalah ...
- Dalam film ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng alias cuma sok tahu.
- Film ini ingin mengatakan tentang orang-orang yang dihakimi itu, bahwa sesungguhnya diri Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi diri Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini dikatakan oleh orang-orang yang menghakimi Ajeng itu sebagai orang yang cuma sok tahu.
Kunci : B
Penyelesaian :
Kata yang harus dihilangkan karena dapat menghilangkan
fungsi subjek adalah kata dalam. Perbaikan yang tepat terhadap struktur
yang salah pada kalimat tersebut adalah Film ini ingin mengatakan bahwa
orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng
alias cuma sok tahu.
37. Penerapan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dalam karangan
siswa SMA di Jakarta Latar belakang karya tulis yang sesuai dengan tema
tersebut adalah ...
- Sering ditemukan kesalahan penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
- Siswa SMA di Jakarta perlu belajar tentang cara mengarang yang baik.
- Setiap mengarang siswa SMA di Jakarta selalu menggunakan kalimat baku.
- Siswa SMA harus menggunakan kaidah penulisan dalam mengarang.
- Setiap mengerjakan tugas bahasa Indonesia sejak SMA tidak menggunakan EYD.
Kunci : A
Penyelesaian :
Latar belakang adalah dasar atau alasan suatu tindakan. Jadi
latar belakang diadakannya karya tulis dengan tema Penerapan Ejaan yang
Disempurnakan (EYD) dalam karangan siswa SMA di Jakarta adalah sering
ditemukannya kesalahan penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
38. Penulis tergelitik hatinya untuk melakukan penelitian
iklim organisasi di sekolah tersebut. Makna lugas (yang sebenarnya) untuk
pengganti kelompok kata yang tercetak tebal tersebut adalah ...
- terkesan
- tertarik
- terpanggil
- terpaksa
- tersentuh
Kunci : B
Penyelesaian :
Makna lugas dari kata tergelitik hatinya adalah tertarik.
39. BANK
MASPION
Bank Swasta Devisa yang berkembang, memberi kesempatan
kepada ANDA bergabung dengan tim kami yang dinamis, dengan spesifikasi sebagai
berikut:
KADIV PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA (KADIV PPJ)
§ Pengalaman min. 3 tahun sebagai Product
Manager atau min. 5 tahun sebagai staff pengembangan produk pada perbankan,
asuransi atau periklanan.
§ Untuk ditempatkan di
Jakarta/Surabaya.
STAFF INFORMATION TECHNOLOGY (STAFF IT)
- S1/D3 Teknik Informatika dari universitas terkemuka dengan IPK > 3,00
- Untuk ditempatkan di kota Malang dan bersedia dimutasi di kota-kota lainnya di Indonesia.
Jika ANDA memiliki kualifikasi untuk posisi tersebut di
alas, kirimkan lamaran disertai daftar riwayat hidup dan foto terbaru ke:
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat
berdasarkan iklan di atas adalah...
- Dengan hormat, melalui lamaran ini saya mengajukan permohonan untuk bergabung dengan tim Saudara.
- Bersama ini saya ajukan lamaran pekerjaan kepada Direksi PT Bank Maspion Indonesia.
- Setelah membaca dalam harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan dan siap bergabung dengan tim Saudara.
- Berkenaan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi staff IT.
- Dengan ini saya mohon agar Bapak berkenan menerima lamaran ini untuk ditempatkan pada posisi yang mana saja.
Kunci : D
Penyelesaian :
Kalimat pembuka lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tertentu
harus menyebutkan atau mencantumkan nama surat kabar sumber iklan, tanggal
pemuatan iklan pada surat kabar dan tentang apa. Kalimat pembuka surat lamaran
pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah Berkenaan dengan
iklan yang dimuat pada harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan
lamaran pekerjaan untuk posisi staff IT.
40. Demikian surat lamaran ini kami ajukan dan atas perhatiannya
kami ucapkan beribu-ribu terima kasih.
Perbaikan yang tepat untuk penutup surat lamaran pekerjaan
tersebut adalah ........
- Atas perhatian saudara kami ucapkan banyak terima kasih.
- Atas perhatian dan perkenan Saudara kami ucapkan beribu terima kasih.
- Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
- Atas perhatian Bapak/Ibu kami menyampaikan rasa terima kasih.
- Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih banyak.
Kunci : C
Penyelesaian :
Perbaikan yang tepat untuk penutup
surat lamaran pekerjaan tersebut adalah Atas
perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
41. Adapun identitas saya adalah sebagai berikut.
Penulisan identitas pelamar yang tepat untuk melanjutkan
kalimat tersebut adalah ........
A.
Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
Alamat
: Jalan
Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
B.
nama : Hanun Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
alamat : Jalan Magelang 12, Malang
pendidikan : SMA
C.
nama : Hanun Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
alamat
: Jln.
Magelang 12, Malang
pendidikan : SMA
D.
Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
Alamat : Jln. Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
E.
Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
Alamat : Jl. Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam surat lamaran pekerjaan penulisan identitas pelamar
harus diawali dengan huruf kecil karena merupakan lanjutan dari kalimat
sebelumnya.
42. Buku Pengkajian Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini
pembahasannya sangat agus karena dilengkapi dengan contoh-contoh analisis
semiotiknya maupun hubungan intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan
menambah pengetahuan pembaca untuk memahami puisi.
Kalimat simpulan yang tepat dalam resensi sesuai ilustrasi
tersebut adalah ........
- Buku tersebut wajib kita beli karena isinya sangat bermanfaat.
- Buku itu sangat bagus dan sudah dilengkapi dengan pembahasan.
- Karena kita bukan ahli dalam bidang puisi sebaiknya kita membaca buku ini.
- Buku ini layak dimiliki pembaca yang ingin belajar memahami puisi.
- Kita perlu membaca buku ini meskipun kita tidak suka dengan puisi.
Kunci : D
Penyelesaian :
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai
sebuah hasil karya atau buku, atau memberikan pertimbangan baik buruknya sebuah
hasil karya sastra. Kalimat simpulan yang tepat dalam resensi sesuai ilustrasi
tersebut adalah Buku ini layak dimiliki pembaca yang ingin belajar memahami
puisi.
43. (1) Syukur-syukur jadi anak superior dengan IQ di
atas 130.
(2) Dalam paradigma IQ dikenal kategori hamper atau genius
kalau seorang punya IQ di atas 140.
(3) Hingga hari ini pun masih banyak orang tua yang
mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ (intelligence quotient) di
atas level normal (lebih dari 100).
(4) Harapan ini tentu sah saja.
(5) Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut
lebih dari 160.
Agar menjadi paragraf yang baik urutan kalimat-kalimat di
atas yang benar adalah ........
- (1), (2), (3), (4), (5)
- (2), (3), (4), (5), (1)
- (3), (1), (4), (2), (5)
- (4), (2), (5), (3), (1)
- (5), (3), (1), (4), (2)
Kunci : E
Penyelesaian :
Untuk menjadi sebuah paragraf yang baik harus memenuhi
syarat bahwa sebuah paragraph harus koherensi (perpaduan antarkalimat) dan juga
harus logis, Dengan demikian agar menjadi paragraf yang baik, urutan yang benar
dari keempat kalimat tersebut adalah :
(5) Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut
lebih dari 160. (3) Hingga hari ini pun masih banyak orang tua yang
mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ (intelligence quotient) di
atas level normal (lebih dari 100). (1) Syukur-syukur jadi anak superior dengan
IQ di atas 130. (4) Harapan ini tentu sah saja. (2) Dalam paradigma IQ dikenal
kategori hamper atau genius kalau seorang punya IQ di atas 140.
44. Dalam perjalanan menuju lokasi Festival Seni di Jepang, saya
melihat tulisan besar. Tulisan ini terus terang menggelitik imajinatif dan
pikiran saya. Saya bertanya pada teman apa arti "Osama". Ternyata
berarti raja. Jepang memang mempunyai beberapa obyek wisata menarik.
Perbaikan
kata-kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah ........
- festifal, imaji, obyek
- festival, imajinasi, objek
- pestipal, imaji, objek
- festival, imajinasi, obyek
- festifal, imajinasi, objek
Kunci : B
Penyelesaian :
Perbaikan kata-kata tidak baku dalam paragraf
tersebut adalah :
a. festival tetap festival
b. imajinatif menjadi imajinasi
c. obyek menjadi objek
45. Pada dasarnya ada dua jenis keritik sastra, yakni
kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik. Kritik sastra
intrinsik menganalisis karya berdasarkan bentuk dan gayanya, secara komplek.
Penulisan kata serapan dalam kutipan di atas tidak sesuai dengan EYD.
Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD adalah ...
- kritik, ektrinsik, komplek
- kritiks, ekstrinsik, kompleks
- kritis, ekstrinsik, komplek
- kritik, ekstrinsik, kompleks
- kritis, ekstrinsik, komplek
Kunci : D
Penyelesaian :
Kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa asing atau
bahasa daerah.
Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD yaitu :
a. keritik menjadi kritik
b. extrinsik menjadi ekstrinsik
c. komplek menjadi kompleks
46. Namun semua terjadi di luar perhitungan. Tidak dapat
dihindari, mereka melihat anak itu dan dapat menandai dari seragam sekolah yang
dikenakannya. Seorang dari mereka datang ke arah kami, mencengkeram, dan
merenggut kerah baju di bagian lehernya.Terdengar benang putus di bagian kerah
yang direnggut anak itu. Mereka menyeretnya dari sisiku. Aku langsung bertindak
mencegahnya. ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
........
- Kelompok pelajar yang sedang diamuk marah itu langsung memukuli anak itu.
- Kemudian dengan sangat brutal mereka melakukan penganiayaan pada anak itu.
- Akan tetapi, mereka mendorongku dengan kasar, membiarkan aku terjungkal di atas lantai.
- Mereka dengan berang kembali menendang, memukul, dan menghempas anak itu.
- Untunglah pada saat yang sama seorang polisi sedang merazia pelajar di gerbong lain.
Kunci : C
Penyelesaian :
Kalimat terakhir berbunyi : "Aku langsung bertindak
mencegahnya ...... (dari kalimat ini dapat ditarik kesimpulan adanya tindakan
pembelaanku terhadap anak tersebut yang mengakibatkan tindakan balasan dari
mereka terhadap diriku). Kalimat yang tepat untuk melengkapinya adalah akan
tetapi, mereka mendorongku dengan kasar, membiarkan aku terjungkal di atas
lantai.
47. (1) Hanya helaan napas yang terdengar berat dan panjang. (2)
Pak Kus gelisah sejak tadi, perasaannya campur aduk. (3) Jangan-jangan Ketua
Yayasan telah tahu kalau dirinya suka menerima amplop dari orang tua murid. (4)
Gajinya dibawa pulang untuk kebutuhan keluarga. (5) Sebab orang nomor satu di
sekolah itu terkenal tegas, disiplin, dan mengagungkan kejujuran dalam hidupnya.
Kalimat yang tidak padu atau sumbang dalam paragraf
tersebut adalah nomor........
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : D
Penyelesaian :
Gagasan utama dalam paragraf wacana di atas adalah
kegelisahan Pak Kus. Kalimat yang tidak berisikan kegelisahan Pak Kus adalah
kalimat (4) Gajinya dibawa pulang untuk kebutuhan keluarga.
48. AKU
Kalau sampai waktuku
Kumau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
........
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
Karya: Chairil Anwar
Larik bermajas metafora yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut adalah .....
- Aku ini binatang jalang
- Aku manusia biasa
- Aku orang tak berguna
- Aku memang miskin
- Aku bodoh dan malas
Kunci : A
Penyelesaian :
Majas metafora adalah perbandingan antara dua hal yang
dianggap memiliki persamaan sifat. Larik bermajas metafora yang tepat adalah
aku ini binatang jalang.
49. Ica : Sudah lama kita tidak bertemu teman kita ya, Gus?
Gus : Benar, Ca. Sudah rindu rasanya berkumpul seperti dulu.
Ica : ........
Gus : Itu ide yang bagus. Kapan kita wujudkan?
Ica : Liburan akhir tahun pelajaran saja.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah
....
- Bagaimana kalau kita adakan reuni?
- Berkumpul-kumpul seperti apa yang kamu maksudkan?
- Kapan kita berkumpul dengan teman-teman?
- Di mana kita laksanakan acara kumpul tersebut?
- Ah, itu sangat mudah untuk dilakukan lagi, asal mau saja?
Kunci : A
Penyelesaian :
Kalimat tanya yang tepat untuk menyampaikan suatu gagasan
dapat digunakan kata Tanya bagaimana. Kata tanya kapan digunakan
untuk menanyakan waktu, kata tanya di mana untuk menanyakan tempat.
Jadi, kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah bagaimana
kalau kita adakan reuni?
50. (1) Siswadi : (tertawa sendirian)
(2) Sarbini : Jangan tertawa. Saya sungguh-sungguh ini. Kau
tahu bahwa aku sudah lama hidup sendirian.
(3) Siswadi : Kau sudah pernah berbicara dengan dia?
(4) Sarbini : Sudah.
(5) Siswadi : Jadi, bagaimana kau bisa kira-kira dia mau
menerima kau?
(6) Sarbini : Aku takut, jangan-jangan ...
Perbaikan kalimat nomor (4) pada dialog tersebut adalah ...
- Kemarin lusa.
- Belum pernah.
- Kakakku yang bicara.
- Tadi pagi.
- Pastilah itu.
Kunci : B
Penyelesaian :
Perbaikan kalimat nomor (4) pada dialog tersebut adalah
belum pernah.
0 komentar:
Posting Komentar